Langsung ke konten utama

Transisi dalam Sistem Pangan


Salah satu cara untuk mencapai keadilan social yaitu dengan melakukan transisi pada sistem pangan. Di New York, Amerika Serikat, terdapat kegiatan Supplemental Nutrition Assistance Program atau SNAP. SNAP ini  merupakan suatu program pemerintah yang memberikan subsidi untuk masyarakat New York yang berpenghasilan rendah (≤ $58.000/tahun).

Kini di Eropa dan Amerika sebagian besar passer yang ada yaitu pasar modern atau supermarket. Namun meskipun banyaknya pasar modern, Eropa dan Amerika masih mempertahankan keberadaan pasar tradisional. Pasar tradisional ini tidak buka setiap hari atau setiap saat karena hanya dibuka pada jam-jam tertentu, dan lokasinya tidak menetap (berpindah-pindah menggunakan mobil). Pasar tradisional atau yang lebih dikenal dengan istilah "farmers market", pihak yang menjadi penjual merupakan para petani secara langsung.

New York merupakan sebuah kota yang sangat metropolitan dan kota perdagangan paling modern di Amerika Serikat. Karena hal inilah, pemerintah berusaha untuk tetap mengadakan pasar tradisional di kota New York Pengadaan pasar tradisional di New York dapat memudahkan aktivitas para warga, contohnya restoran tidak perlu menunggu untuk membeli bahan-bahan makanan dari supermarket yang umumnya buka pada jam lebih siang, tetapi dapat membeli bahan di pasar tradisional sehingga restoran dapat menjual makanan untuk sarapan bagi para warga New York.
Program SNAP ini dilaksanakan pemerintah Amerika Serikat dengan tujuan mencapai keadilan sosial. Pemerintah memberikan jaminan sosial bagi warga yang berpenghasilan rendah untuk bertahan hidup. Awalnya pemerintah memberikan dalam bentuk kupon yang dapat digunakan untuk membeli barang-barang di farmers market atau groceries tertentu. Subsidi yang diberikan tersebut juga diharapkan dapat membantu menghidupi para petani.

Guna meningkatkan efisiensinya, pemerintah menggunakan teknologi baru dengan mengubah kupon-kupon tersebut menjadi kartu elektronik berisi saldo/uang yang disebut Electronic Bank Transfer (EBT). Namun perubahan system EBT ini mengalami kendala seperti EBT tersebut tidak dapat digunakan di pasar-pasar tradisional seperti farmers market karena keterbatasan alat para petani (penjual) tidak memiliki EBT reader. Lokasi pasar yang tak menentu (berpindah-pindah) ini menyebabkan penggunaan VSAT satellite untuk membantu penggunaan EBT juga sulit untuk diterapkan. Kemudian sistem EBT tersebut digantikan dengan menggunakan sistem token. Token-token tersebut dapat digunakan di farmers market. Para petani yang menerima bayaran dalam bentuk token dapat menukarkan token tersebut ke GrowNYC. GrowNYC sendiri merupakan suatu organisasi yang tugasnya menjadi jembatan penghubung antara para petani dengan pihak pemerintah (USDA) dalam memberikan subsidi kepada masyarakat New York berpenghasilan rendah.

Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengolahan Dan Pengembangan Gadung

TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI PANGAN PENGOLAHAN DAN PENGEMBANGAN GADUNG ( Dioscorea hispida ) Kelompok Cabe : Gabriella Valencia Supit 1501010040 Ivy Mariska              1501010039 Jennifer                 1501010057 Winardi                  1501010023 NFT A 2015 SURYA UNIVERSITY

Undang-Undang Ketenagakerjaan

Sistem ketenagakerjaan Indonesia saat ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia sejak 25 Maret 2003. Beberapa hal yang diatur dalam Undang-undang ini adalah. ¯   Pelatihan kerja Hal ini diperlukan untuk membekali, mengoptimalkan, dan mengembangkan para pekerja sehingga mampu untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang telah dan produktivitas pun turut meningkat. Begitu pula penghasilan serta kesejahteraan diri sendiri dan keluarga juga meningkat. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun perusahaan. ¯   Hubungan antara pekerja dengan pengusaha yang didasarkan pada perjanjian kerja Perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) hanya dapat dibuat untuk jenis kegiatan tertentu yang dibatasi pada jangka waktu selama dua tahun serta dapat diperpanjang satu tahun maksimal satu kali. Namun, PKWT dapat diperbaharui satu kali dengan waktu paling lama dua tahun

Budaya dalam Makanan

Indonesia merupakan sebuah negara multicultural yang memiliki beragam budaya. Budaya merupakan aset negara yang sangat berharga. Hal ini dikarenakan budaya-budaya tersebut dapat menjadi identitas dari sebuah negara. Selain itu, budaya juga dapat menjadi sarana untuk membangun solidaritas antar komunitas dalam masyarakat. Sebagian budaya merupakan bukti atau hasil dari jerih payah para leluhur di masa lalu yang aset untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat generasi penerus yang akan datang. Salah satu budaya yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu makanan. Makanan merupakan bagian hidup atau kebutuhan setiap manusia untuk bertahan hidup. Namun selain untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia, makanan memiliki nilai-nilai sejarah dan filosofinya masing-masing. Suatu makanan juga dapat menjadi identitas atau ciri khas suatu komunitas masyarakat atau wilayah Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan budaya sebagai 1 pikiran; akal budi: hasil–; 2 adat istiadat: m